Friday 26 September 2014

Macam-Macam Metode Pembelajaran

Guru merupakan seorang pendidik. Oleh sebab itu layaknya sebagai seorang pendidik ada baiknya guru dapat bersikap dewasa dan dengan segala kemampuan yang ada pada dirinya harus mampu merubah tingkah laku dan pola pikir siswa yang pada awalnya siswa tidak tahu menjadi tahu. Disamping itu penampilan guru di dalam kelas juga harus diperharikan. Guru harus mempunya kemampuan untuk menguasai kondisi kelas supaya dapat tercipta kondisi belajar yang nyaman dan menyenangkan. Sebelum menerapkan metode pembelajaran sebaiknya perhatikan karakteristik siswa supaya apa yang akan digunakan sesuai dengan keadaan siswa.

Satu kelas dengan kelas yang memungkinkan menggunakan metode yang berbeda. Oleh sebab itu guru harus menguasai beberapa metode pembelajaran supaya siswa tidak jenuh. Berikut ada beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan:

1. Metode ceramah

Metode ini merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh guru. Metode ini digunakan untuk menjelaskan atau memaparkan secara lisan bahan ajar materi kepada siswa.

2. Metode diskusi

Metode ini digunakan untuk memecahkan masalah secara kelompok. Siswa dibagi bagi ke dalam beberapa kelompok kemudian guru memberikan permasalahan untuk diselesaikan secara kelompok. Setelah itu siswa diminta untuk memaparkan hasil dari diskusinya.

Untuk melihat artikel pendidikan yang menarik lainnya silahkan kunjungi:


No comments:

Post a Comment