Monday 13 April 2015

Kerajinan dari kulit binatang

Beragam kulit binatang yang dimanfaatkan untuk kerajinan.

Salah kerajinan yang banyak digemari saat ini adalah kerajinan dari kulit binatang. Harga dari kerajinan ini relative mahal tapi peminatnya juga tetap banyak. Selain bentuknya yang unik, barang kerajinan dari kulit memiliki kualitas yang sangat baik dan kuat. Berikut akan dijelaskan beberapa jenis kerajinan dari kulit binatang:

1. Kulit domba

Domba merupakan hewan yang hampir mirip dengan kambing. Namun sebenarnya berbeda, domba sendiri memiliki ukuran yang lebih besar dan bulunya yang lebat. Kulit domba memiliki tekstur yang lunak. Biasanya kulit domba dimanfaatkan untuk membuat kerajinan dompet dan tas. Selain itu kulit domba juga sering dimanfaatkan untuk membuat jaket. Kerajinan kulit domba yang terkenal berada di daerah garut, tepatnya ada di daerah sukaregang. Jika dibandingkan dengan kulit sapi, harga kerajinan kulit domba relative lebih murah.

2. Kulit buaya

Kulit buaya ini sangat banyak ragamnya apabila dibuat kerajinan. Biasanya kulit buaya dimanfaatkan untuk membuat aksesoris lelaki. Aksesoris tersebut terdiri dari ikat pinggang, sepatu, dompet, tas dll. Kulit buaya papua sangat terkenal kualitasnya. Harga untuk satu tas perempuan dapat mencapai jutaan rupiah. Ada banyak produk serupa di Jawa namun kerajinan kulit buaya asal papua terkesan lebih eksklusif dan tampilannya terlihat sangat berbeda.

Artikel lainnya:

No comments:

Post a Comment